Kamis, 23 Juni 2011

Meteran Listrik Pra Bayar

Di awali dengan pendaftaran untuk pemasangan baru pada bulan april 2009, dan setelah menunggu cukup lama akhirnya setelah membaca di koran online bahwa ada pemasangan baru untuk daftar antrian yang menunggu, akhirnya saya pada bulan january 2011 mendatangi kembali kantor PLN. Sampai di sana saya pun di tuntun untuk pendaftaran ulang, saat pendaftaran ulang pun kata petugasnya semua untuk pemasangan baru akan di pasang meteran pra bayar semuanya....ngga apalah..pengin tau juga bagaimana sih pemakaiannya....cerita berlanjut...menunggu sampai bulan maret yang kata petugasnya di suruh balik...akhirnya tgl. 1 maret 2011 saya kembali ke kantor PLN Balikpapan yang akhirnya bertemu dengan Pak Axxx , .......akhirnya lewat negosiasi dengan Pak Axxx tersebut akhirnya saya membayar sebesar Rp.696.500 ke PLN lewat loket dan Rp.1.000.000 ke pihak CV yang memasang Listrik ke rumah.......(sebenarnya kata teman bayar Rp.800.000 ke CV kontraktor pun sudah bisa terpasang tuh meteran)....jadi pengumuman dari PLN bahwa untuk pemasangan Listrik Rp.696.500 itu adalah hanya untuk membayar ke PLN saja (Rp.675.000 biaya pemasangan dan Rp.21.600 untuk token awal)...ke pihak CV kontraktor pun lain cerita lagi......tergantung hasil penawaran kita yang sebelumnya saya di minta uang Rp.1.500.000 oleh Pak Axxx 
setelah menunggu cukup lama akhirnya tanggal 25 Mei 2011 datanglah pihak kontraktor pemasang meteran listrik datang....
Nah sekarang pingin tau pemakaiannya seberapa sih...apakah sama biaya pemakaiannya dengan meteran yang pasca bayar....? di awal pembayaran ke PLN kita sudah mendapat pulsa sebesar Rp.21.600 ( pulsa tersebut kita dapatkan saat membayar ke PLN yang include di dalam Rp.694.000)....pulsa 21.600 maka kita akan mendapat kWh sebesar 33kwh.
Berikut gambar brosur yang saya dapat dari Meteran pra bayar.


Seperti keterangan di atas.....meteran Listrik PraBayar akan berbunyi alarmnya saat kWh tinggal 25 dan setiap turun kelipatan 5 alarm akan berbunyi sampai akhirnya pada kWh 0 listrik akan padam otomatis......Pada saat pemakaian awal 33 kWh saya menghitung sampai kWh tinggal 25 kWh pemakaian, jadi  8 kWh bisa di gunakan selama 5 hari. Saat itu listrik yang terpakai lampu 5 watt Phillips Putih sebanyak 7 lampu (tiga kamar kost 3, 3 kamar mandi, 1 lampu teras, 1 kamar kost sedang kosong), TV 1 buah, magic com 2 buah, kipas angin 3 buah, 1 laptop, 3 charge HP.....he.he.he....semua terhitung...
Setelah 5hari pemakaian dan kWh sudah menunjukan angka 25 kWh saya beli lagi pulsa Rp.50.000 di kantor pos,

di notanya tercatat pulsa token nya seharga 43.727 dan mendapatkan 72.30 kWh....dan saya isi lagi pulsa ke meteran...cukup mudah langsung masukan digit nomor yang di dapat dari kantor pos tadi...maka langsung terisi hingga pulsa kWh saya menjadi 97.......dan saya hitung perhari untuk 3 kamar tersebut rata-rata pemakaian sebanyak 2.3 kwh selama 1 bulan. dan dalam satu bulan tersebut pulsa sebanyak Rp.71.600 tersebut masih tersisa 41 kWh...masih banyak kan.....

Yang bingung, karena meteran saya taruh di luar rumah maka harus ada penutupnya...agar tidak terkena hujan. sedangkan yang di jual di toko-toko adalah box penutup untuk meteran model lama alias meteran pasca bayar yang ada pintu buka tutup hanya untuk Switch MCB saja.....keliling kesana kemari ngga dapat-dapat akhirnya saya buat aja sendiri dari bahan-bahan bekas...mika dan kayu....jadinya seperti gambar di bawah.

...bagus ngga...?...he..he..he....papan-papan yang berada di dalam saya lapisi semua dengan mika agar tidak cepat lapuk terkena hujan dan .untuk merapatkan box ke temboknya sebaiknya jangan menggunakan paku (bisa menyebabkan retak) tapi bor dulu tembok, baru gunakan 'fisher' dari plastik dan bautnya......box yang saya buat bisa buka tutup layaknya lemari obat...biar memudahkan untuk pengisian kembali pulsanya.......

yah..semoga meteran listrik prabayar ini tidak bermasalah, maksudnya tidak bermasalah adalah seperti halnya pengisian pulsa untuk HP ada yang baru isi pulsa...tiba-tiba kok pulsa cepat habis, dsb......

Menggunakan meteran prabayar ini setidaknya kita harus rajin memeriksa sisa kWh...setidaknya jangan sampai pulsa habis yang mengakibatkan mati lampu.....jika kWh tinggal 10 sebaiknya diisi kembali......

Keuntungannya adalah tidak ada abodemen...kalau listrik tidak di pakai selama sebulan ataupun setahun sekalipun kita bebas dari pembayaran listrik........dan tentunya tidak ada kesalahan lagi dari system pencatatan meteran dari petugas...karena yang mengendalikan adalah kita secara keseluruhan......enak toh.....

Kalau ada yang bilang lebih mahal dari pasca bayar.....ya relatif...tetap tergantung dari pemakaian kita masing-masing............................kalau menurut saya pribadi...meteran listrik pra bayar adalah lebih murah dan nyaman...................

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar