Rabu, 26 Mei 2010

KOPROL ....layanan made in Indonesia

Wow... Koprol Dibeli Yahoo

KOPROL.COM
JAKARTA, KOMPAS.com — Sepanjang hari ini rumor bahwa Koprol dibeli Yahoo menyebar luas di internet, khususnya Twitter. Bukan isapan jempol karena Yahoo secara resmi mengumumkan akuisisi tersebut, Selasa (25/5/2010).

Akuisisi mungkin bukan hal yang luar biasa buat Yahoo karena selama beberapa tahun terakhir perusahaan asal Amerika Serikat ini rajin menguasai perusahaan lainnya. Namun, kabar akuisisi Koprol tentu mengejutkan karena Koprol adalah perusahaan asli Indonesia.

"Yahoo! Inc hari ini mengumumkan akuisisi Koprol. Bermarkas di Jakarta, Indonesia," demikian dilansirYahoo Finance. Yahoo menyatakan bergabungnya Koprol akan memperkaya layanan berbasis jejaring sosialnya.

Koprol merupakan layanan jejaring sosial yang didirikan PT Skyeight Indonesia sejak tahun 2008. Pengguna Koprol bisa memanfaatkan layanan ini untuk berbagi informasi, review, foto, dan informasi tambahan lainnya tentang lokasi tempat pengguna melaporkannya saat itu. Mirip layanan mikrobloging, tetapi dengan tambahan informasi dan mirip Foursquare, layanan sejenis asal AS yang dilaporkan gagal diakuisisi Yahoo.
Keunikan Koprol dibanding layanan lainnya karena memungkinkan penggunanya memberikan review, berbagi foto, dan informasi tambahan lainnya terhadap suatu tempat yang tengah dikunjunginya. Informasi tersebut dapat dilihat pengguna lain yang tengah berkunjung ke lokasi yang sama dan saling berkomunikasi. Uniknya lagi, untuk melakukan check in atau memilih lokasi yang sedang dikunjungi tidak perlu menggunakan GPS.

"Anda tak perlu sebuah smartphone yang bagus atau GPS untuk menggunakan Koprol. Cukup buka Koprol.com di browser ponsel, check in, dan Koprol akan memberitahukan apa yang sedang terjadi di sekitar Anda," demikian pengantar yang ditulis di situs Koprol.com.

Meski bisa diakses lewat browser web, Yahoo ke depan akan mendongkrak penyebaran Koprol dengan mengembangkan aplikasi-aplikasi yang didesain untuk berbagai platform. Hari ini aplikasi Koprol untuk BlackBerry sudah dirilis dan Yahoo berharap segera menyediakan aplikasi untuk platform ponsel baik lokal maupun global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar