Sabtu, 24 Juli 2010

PC mati sendiri dan Masalah Genuine WindowsXP

Terkadang bila kita mempunyai PC yang sudah cukup lama misal setahun lewat tanpa sadar kita tidak pernah memeriksa keadaan hardware PC tersebut terutama pemakai awam, kali ini saya mendapat pc yang akan di service yang bilang pemiliknya sering mati sendiri saat main game dan juga ada masalah lain yang timbul yaitu pemilik tidak bisa lagi mengakses datanya di My Document dan layar wallpaper menjadi blank setelah muncul tanda bintang di pojok kanan bawah.
Solusinya :Pertama saya cek dulu dengan menghidupkan PC tersebut....memang awalnya normal saja sampai dengan timbul muncul tanda bintang tersebut di pojok kanan bawah. PC kembali saya matikan dan membuka casing...kembali saya hidupkan, dari pandangan pertama bisa di deteksi masalah PC bisa mati sendiri..yaitu fan dari Processor Intel ternyata mati...ini yang menyebabkan processor kepanasan saat user memainkan game...sehingga system otomatis men shutdown komputer dengan sendirinya untuk mencegah processor menjadi rusak. Cabut Fan processor dari heatsink/pendingin processor dan ganti dengan fan yang baru....masalah selesai .
Berikutnya Masalah Genuine Windows yang terdeteksi oleh server Microsoft Windows...Pada fitur Windows Update pada saat install Windows...defaultnya Automatic Updates adalah ON...sehingga saat komputer terhubung ke internet Automatic update Windows akan terhubung ke server Microsoft, bila Windows XP yang kita miliki adalah asli dan original maka hal tersebut lancar-lancar saja, yang menjadi masalah adalah bila Windows XP tersebut adalah Bajakan.....maka Windows akan menyatakan memblock hampir semua fitur yang ada di komputer tersebut dan di suruh membeli licensi asli dari Microsoft.....tapi setiap orang pasti memiliki cara-cara sendiri untuk mengatasinya...berikut solusinya :

- Matikan proses wgatray.exe, melalui task manager, pada tab proses-end process.(Semisal tidam mau di   matikan....lewati saja) langsung ke tahap berikutnya.
- Rename file yang terletak di folder windows\system32, nama filenya wgatray.exe dan wgalogon.dll, rename rename file tersebut menjadi misal wgarusak.xee dan wgarusaklagi.bak
- Buka command prompt kemudian ketik “regsvr32 c:\windows\system32\legitcheckcontrol.dll /u” (tanpa tanda petik). c:\ merupakan direktory windows terinstall dan fungsi command tersebut untuk unregister file tersebut.
- Wallpaper mungkin tidak kembali ke gambar sebelumnya....anda tinggal lakukan setting wallpaper kembali sesuka anda.

- Langkah berikutnya nonaktifkan Windows Otomatis update. Masuk ke Control Panel-Security Center-Click Automatic Updates - Pada Option Button Click Turn Off Automatic Updates.
- Selesai - Restart Kembali Komputer

1 komentar: